Menu Lainnya

MENU UTAMA
SISTEM ONLINE


DOWNLOAD

SIMULASI GADAR DI LAUT DAN PENKES PADA REMAJA


Type   berita
  Hermanto     30-12-2021
  31 Views

UNHAJNEWS - Kampus UNHAJ Berakhlak Mulia, Kompeten & Profesional. Medan, 29 Desember 2021 - 24 Jumadil Ula 1443 H. Dalam rangka memperingati Hari Relawan PMI, Palang Merah Indonesia Daerah  (PMI Serdang Bedagai) beberapara dosen dari Universitas Haji Sumatera Utara berpartisipasi memberikan pendidikan dalam bentuk ceramah dan simulasi tentang kegawatdaruratan di laut dan kesehatan remaja saat melakukan touring ke alam serta dalam keadaan bencana. Kegitan ini diberikan kepada relawan yang diikuti oleh 80 Relawan PMI Se-Sumatera Utara yang dipusatkan di Serdang Bedagai. 
Kegiatan digelar di Pantai Pondok Permai pada hari Minggu dan Senin (26-27 Desember 2021)  dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, menampilkan simulasi  kegawatdaruratan di laut dan BHD (Bantuan Hidup Dasar) oleh tim dosen UNHAJ Sumut yakni Srimis Leini Saragih, S,Kep, Ns, M,Kes, Syahferi Anwar, S,Kep, Ns, M.Psi dan Zuidah, S,Kep, Ns, SKM, M,Kes.
Srimis Leini Saragih menyampaikan bahwa kegiatan ini  sebagai bentuk aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat. Momen ini digunakan sebagai apresiasi atas telah gugurnya relawan sejumlah 55 orang selama Pandemi Covid-19. Tema materi pendidikan dan Simulasi yang diberikan, karena secara geografi Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng tektonik dunia, dimana pada bulan-bulan terakhir ini beberapa bencana alam berupa banjir, angin puting beliung, gunung erupsi dan gempa khususnya di Sumatera Utara sering terjadi. Materi ini mempersiapkan relawan yang semuanya usia remaja agar tangguh di lapangan saat bencana, krisis kesehatan dalam menghadapi situasi apapun di lapangan baik dari sisi hard skill dan soft skill. 
“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi generasi muda yang mau berkarya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Serdang Bedagai, BNPB dan PMI Serdang Bedagai dan PMI Provinsi Sumatera Utara sehingga acara pengabdian masyarakat ini dapat berlangsung baik dan lancar” ucap Zuidah. Senada dikatakan Kabid Anggota dan Relawan PMI Kabupaten Serdang Bedagai, Syahferi Anwar. “Simulasi ini dibuat sesuai dengan tema yang diusung kebersamaan tak terhentikan. Selain relawan PMI, juga dilibatkan unsur relawan lainnya agar terciptanya sinergisitas di lapangan. Karena semua berbuat untuk kemanusiaan,” tuturnya.
Peringatan Hari Relawan PMI Serdang Bedagai dihadiri oleh Pengurus PMI Sergai, Pengurus PMI Deli Serdang, Pengurus PMI Provinsi Sumatera Utara, Kapolsek Pantai Cermin Iptu B. Tambunan, BPBD Sergai, Kepala Dinas Sosial, ACT/MRI, FAJI Sergai, FPTI Sergai, Komunitas Sedekah Jumat, Sergai Berbagi, MRI/ACT, Paskibra, PMR, Pramuka, Tagana Sergai, komunitas sepeda motor Supra dan RX King, Matras dan Federasi Panjat Tebing Sergai.